Thursday, February 7, 2008

Aneh

Beberapa pesan dan peringatan dari teman dan keluarga hari ini di Yahoo Messager hari ini adalah: "Hari ini Rabu Abu lho. Ke Gereja?"

Iya, gue tau hari ini memang hari Rabu Abu buat umat Katolik sedunia, tapi sayangnya, kecuali untuk dunia bagian sini, dimana gue berada saat ini. Hari ini bukan hari Rabu Abu buat gue, dan buat umat Katolik di negara ini. Aneh?

Rupanya gereja Katolik di negara ini berteman sangat akrab dengan gereja Ortodoks. Ternyata pula masing-masing gereja menjalani rutinitas gerejaninya berdasarkan kalender yang berbeda. Ternyata lagi, ada berbagai macam kalender yang dipakai manusia sejak jaman dahulu kala. Kalau mau lihat sedikit penjelasannya (yang cukup bikin pusing), silahkan liat di disini dan disini. Singkatnya, kalender yang manusia sedunia pakai secara umum sekarang ini adalah Gregorian Calendar, yang merupakan penyempurnaan dari Julian Calendar yang mulai diperkenalkan Julius Caesar taun 45 BC (before Christ) - sebagai pengganti dari Roman Calendar yang kemudian dipake sampai dengan keluarnya Gregorian Calendar di tahun 1500-an. Gregorian Calender kemudian menjadi kalender umum yang dipakai manusia di dunia. Tetapi entah kenapa, Gereja Ortodoks ngotot mau pake Julian Calendar, sampai sekarang.

Keakraban gereja Katolik (dan Kristen) dan Ortodoks di negara ini menyebabkan mereka bikin perjanjian untuk merayakan Natal berdasarkan Gregorian Calendar yang dijalani umat Katolik dan dunia pada umumnya, dan merayakan Paskah berdasarkan Julian Calendar, yang digunakan gereja Ortodoks.

Jadi dimana dunia bakal ber-paskah ria tanggal 23 Maret, gue bakal baru mulai masa prapaskah - Rabu Abu tanggal 12 Maret, dan ngerayain Paskah tanggal 27 April.

Ya inilah satu lagi keunikan dan keanehan tinggal di negara bagian sini. Seru? Aneh? Yaa.. gak bisa laen selain dijalanin aja. :)

Tapi ada yang lebih aneh lagi. Gak ada hubungannya sama topik rabu abu sih..... ini nih. ;p

Anyway, selamat memulai masa pra-paskah, I hope that all of you have a blessed Lent.

No comments: