Sunday, October 14, 2007

Ketupat Lebaran

Lebaran,... selalu jadi salah satu penyebab saya kangen pulang kampung. Bukan karena saya ikut ngerayain, bukan karena kangen ramenya beduk dan takbiran, bukan karena hebohnya petasan, bukan karena sepinya jalanan Jakarta, tapi karena...anteran ketupat (dan teman-temannya) dari tetangga-tetangga! Ada tetangga Jawa, yang semur dan lodehnya mantap, ada tetangga Sunda yang opornya leker, dan ada tetangga Padang yang rendang dan sambel goreng hatinya pedes bukan main. Ketupat plus lauk pauknya yang bersantan, pedas, berlemak, plus krupuk dan sambel, aaaah.....slurp.. slurp... :)

Gak terasa udah 3 tahun absen lebaran di Jakarta, dan tiap tahunnya saya ada di tempat yang berbeda. Dua tahun sebelum ini, di Adelaide dan Darwin, Australia, dimana Lebaran tentu saja tidak terasa. Tahun ini, di salah satu negara di Middle East. Mau tau gimana ramenya lebaran disini? Ternyata sama saja seperti di Australia. Lebaran tahun ini disini dirayakan pada tanggal 12 Oktober, bukan 13 Oktober seperti di Indonesia. Buat kami yang tidak merayakan ternyata sama sekali tidak merasakan suasana meriahnya Eid / Idul Fitri. Malam sebelum Eid, gak ada ramai-ramai beduk lebaran, gak ada rame-rame takbiran, acara TV Dubai dan Saudi Arabia (saya tidak bisa menangkap acara tv lokal) tidak ada yang berubah, gak ada acara special Lebaran. Toko-toko kebanyakan tutup, tetapi supermaket dan restoran buka seperti biasa. Sama seperti hari Jumat secara umum. Kota lebih sepi dari biasa, dan tidak ada suara petasan. Intinya, semua berjalan normal seperti biasa! Kantor-kantor libur 2 hari. Sangat amat mengherankan terutama buat saya yang biasa tinggal di Indonesia. Meskipun tidak ikut merayakan lebaran, tapi dampak dari hari raya ini sangat terasa di Indonesia, bukan cuma buat mereka yang merayakan, tapi hampir bagi semua warga. Seenggak-nggaknya jalanan lebih sepi dari biasa, tontonan TV semua bertema lebaran, yang kerja dapet bonus THR, sebagian dapet libur lebih dari satu minggu, dan sebagainya. Jadinya saya gak tau warga jordan ini ngapain aja untuk ngerayain Lebaran. Mungkin mereka bersilahturahmi antar keluarga saja. Sepertinya juga tidak ada perayaan besar kenegaraan. Yang pasti, secara umum saya tidak merasakan suasana lebaran di kota ini. Kesimpulannya: Lebaran di Indonesia jauh lebih heboh dan ramai, dan lebih asik karena ada ketupaaat. :)

Anyway, for those who celebrate, have a blessed Eid day. :)

5 comments:

Anonymous said...

nensoii..

dari semua tampilan blog elo, gue paling suka yg ini..
coffee representing calm and enjoyable moments. so i think this represents ur blog as well ;p

Coba lebih sering2 nulis blog donks, krn gue lagi masa2 final project en mo final exam. jd blog elo bakal jd hiburan buat gue ;p Klo elo ga nulis, brarti gue hrs balik blajar lage.. hahhaha

-olin-

Nencee said...

oo.. gitu ya. Thanks. Cuma gue sekarang cuma bisa menghirup wanginya kopi aja ni karna gak boleh minum kopi dulu. hiks..

Sering2 ngeblog? gak baek ah, ntar elu ga belajar! hehehe...
Kalo ada inspirasi pasti gue ngeblog kok. :)

Ciayo, semoga sukses final project and final examnya ya!

cendee said...

sap..iin ga bisa tidur ama skali waktu malem takbiran..baru tidur jem 6an pagi la..-.-'...enak ya disana sepi..tapi ga ada ketupat..hihihi..

Anonymous said...

LEBARAN? MINAL AIDIN WALFAIZIN..MOHON MAAP LAHIR DAN BATIN... :-)

Anonymous said...

LEBARAN? MINAL AIDIN WALFAIZIN..MOHON MAAP LAHIR DAN BATIN YAAAAA... :-)